News Update :
Home » , , , , , » Ribuan Sarjana Di Indonesia Ingin Jadi PNS

Ribuan Sarjana Di Indonesia Ingin Jadi PNS

NLS - Mungkin anda Salah Satu Seorang Sarjana diantar ribuan Sarjana yang ada di Indoneisa, Menurut wakil menteri Pendidikan dan Kebudayaan “Musliar Kasim” mengatakan sampai saat ini Banyak Sarjana di Indonesia yang menginginkan menjadi Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Ketertarikan Para Alumni Sarjana ini menurut Musliar di bengkulu pada sabtu 21 april 2012, Sebelum ada formasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), Para Tamatan Sarjana ini lebih rela memilih untuk menganggur dan tidak ad aide menciptakan Lapangan kerja.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan “ Musliar Kasim” mengatakan, untuk menekan keinginan para tamatan sarja menjadi PNS, Perguruan tinggi harus mampu menciptakan lulusan yang berjiwa kewirausahaan. Lanjut Bapak Wakil Menteri Pendidikan dan kebudayaan. “Perguruan tinggi harus mampu menciptakan lulusan yang berjiwa kewirausahaan agar mampu bersaing di Era Globalisasi ini, ungkapnya.

Sebagian besar sarjana saat ini khusunya di luar pulau jawa menganggap baru dikatakan bekerja bila diterima sebagai PNS, sebab itu ada sekitar 14,7 persen sarjana masih menganggur karena Cuma berharap menjadi PNS.

Saat ini, hanya dua persen sarjana di Indonesia yang diterima sebagai PNS di berbagai lembaga pemerintahan. "Perguruan tinggi hendaknya mampu mengubah pola pikir para mahasiswa sejak dini agar tidak berharap menjadi PNS, tetapi justru menjadi wira usaha handal dengan menanamkan jiwa kewirausahaan," katanya.

Ia menyarankan, perguruan tinggi mengundang pengusaha untuk menceritakan pengalaman sukses mereka dalam kuliah umum. "Selama saya menjadi Rektor Universitas Andalas Padang Sumatera Barat, sebanyak 160 orang pengusaha sukses telah tampil sebagai pembicara dalam kuliah umum untuk memotivasi mahasiswa agar muncul jiwa kewirausahaannya," ujarnya.

Seorang pengusaha muda di Bengkulu Edi Haryanto mengatakan, pihaknya siap tampil menjadi pembicara di perguruan tinggi untuk mengajak calon sarjana berwirasuwasta.

Dengan tampilnya para pengusaha itu, maka akan mampu menularkan dan memotivasi para mahasiswa untuk muncul keinginan sebagai pengusaha karena jumlah wira usaha di Indonesia masih sangat minim yakni hanya 0,18 persen.
"Perguruan tinggi tidak perlu memikirkan honor untuk pengusaha menjadi pembicara dalam kuliah umum karena kami malah menjadi senang bila diundang," tambahnya. (Nls/Source :Metrotvnews)

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. NEWS LINTAS SUMATERA . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme